Jumat, 27 Juli 2012

Susahnya Dapetin SIM C di Kabupaten Bogor

Pertama kali saya  tes SIM C itu tanggal 29 Agustus 2011. tes dibagi menjadi dua jenis yaitu bagian pertama tes praktek dan bagian kedua tes teori.Jika tes praktek lulus dan tes teori tidak lulus maka harus mengulang lagi di tes teori sampai 3 kali kesempatanm. pertama kali tes praktek saya lulus dan hari iru juga langsung tes teori dan TIDAK LULUS mklum saja kurang persiapan dari 30 soal saya harus menjawab benar 18 soal atau setara dengan nilai 60. hari itu saya benr 17 soal dengan nilai 57.. ahh sial sekali satu lagi saya benar saya bisa langsung dapat SIM C. dalam ujian praktek saya nunggu hampir 2 jam lamanya. saya memakai motor kecil karena yang pasti saya akan lebih grogi jika naik motor besar lagi pula saya juga belum lancar naik motor besar. kalu kita naik motor kecil kita hanya di beri 1 kali kesempatan untuk menginjak tanah dan jika dengan motor besar (yang pasti berkopling) 3 kali kesempatan. selain itu juga kita tidak boleh menabrak beton beton yang didirikan disekitar lintasan.. beginilah gambaran lintasan sim motor











owh iya pada tahun 2011 lintaannya terdiri dari a) lintasan lurus b) lintasan zigzag dan c) lintasan angka 8 sedangkan tahun 2012 lintasannya a) lintasan lurus b) lintasan elips seperti lapangan sepak bola c) lintasan angka 8.
karena saya sudah malas mengurususi SIM C lagi akhirnya saya batalkan niat untus tes teori yang kedua...
hari  hari pun berlalu dan samapai akhirnya saya rada kesel juga karena ada temen temen yang sedikit meremehkan saya dalam berkendaraan motor karena saya gak punya SIM padahal yang jago naik motor aja gak menyepelekan saya.. saya yakin kalau mereke dites juga seperti saya belum tentu mereka lolos.selain itu saya juga befikir masa gagal sekali aja saya langsung menyerah ayo semangat miko orang lain saja sampai mencoba 8 kali untuk bisa sukses mendapatkan SIM C. sampai akhirnya tanggal 19 Juli 2012 saya mencoba unruk membuat SIM dengan cara menembak tapi orang yang ingin membantu saya tidak menempati janjinya untuk datang ke tempat pembuatan SIM C tersebut. akhirnya saya memberanikan diri untuk tes praktek SIM C lagi tetapi sebelumnya saya tes kesehatan dulu.. dan tidak samapai setengah jam menunggu tibalah saatnya saya tes praktek dan tidak disangka saya lulus lagi.. padahal treknya berbeda dari tahun lalu.. saya senang sekali.. kemudian saya ketempat praktek dan ya saya GAGAL lagi kali ini saya hanya mampui menjawab 10 soal.. karena soalnya cukup susah dan saya tidak  belajar sebelaumnya. Dalam hati saya merasa  sangat kecewa kepada diri saya sendiri.. tapi saya yakin inilah proses yang dibutuhkan orang yang samapa 8 kali gagal tersebut.. dengan memfotokopi materi tes teori SIM C dan mendownload materi dari internet akhirnya saya belajar dalam waktu seminggu itu. dan tibalah tanggal 26 Juli 2012 sebelumnya saya minta restu dan doa kepada IBU, teman saya Rianika, dan My SS Dwivayani agar lancar dalam ujian tertulis.. ketika tes saya bertemu dengan teman teman yang kemarin tes dan gagal juga. pada hari itu saya merasa sedikit siap dan yakin dengan hasil tes saya. dan AKHIRNYA saya LULUS dan mendapatkan SIM C
repost dikit ya :)

Ada beberapa saran saya sebelum teman teman ikut Ujian SIM melalui jalur legal!
  1. Belajarlah dahulu materi soal tanya jawab disini
    http://rofiul.blogdetik.com/files/2009/03/kumpulan-soal-jawab-teori-sim132-157habis.pdf,
    http://rofiul.blogdetik.com/files/2009/03/kumpulan-soal-jawab-teori-sim92-131.pdf,
    http://rofiul.blogdetik.com/files/2009/03/kumpulan-soal-jawab-teori-sim52-91.pdf,
    http://rofiul.blogdetik.com/files/2009/03/kumpulan-soal-jawab-teori-sim1-51.pdf
  2. Cobalah untuk tes Ujian teori dulu dan rasakan feel-nya :mrgreen:
  3. Jangan terburu untuk nyari SIM via orang dalam
  4. Belajarlah dulu untuk mengemudi, miliki sopan santun dalam mengemudi. Jalan raya bukan sirukuit untuk balapan. Jadi lebih baik baca peraturannya dan laksanakan. Karena itu saya sarankan untuk berusaha dulu melalui jalur legal.

banyak makana dan hikmah yang bisa saya amabil dari pengalam tes SIM C kemarin
1. belajar sabar
2. harus bisa berjiwa besar
3. harus berlaku jujur dan sportif untuk mendapatkan SIM
4. bijaksana dalam berkendara


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar